close
angkajituhoki88.com

Rabu, 08 Agustus 2012

Review : Nvidia Paten'kan Kartu Grafis Hybrid

Nvidia akhirnya mendapatkan paten dari teknologi kartu grafis hybrid yang mereka kembangkan. Teknologi ini memungkinkan sistem untuk berpindah dari satu kartu grafis ke kartu grafis lainnya tanpa hambatan.

Nvidia Optimus (foto:netbooknetwork.net)
Teknologi tersebut dinamakan Optimus. Bukan hal baru memang, sebab sudah diperkenalkan sejak September 2008. Bahkan notebook yang mendukung fitur tersebut sudah banyak beredar di pasaran.

Menurut toms hardrware yang dikutip detikINET, Selasa (7/8/2012), Nvidia sudah mengajukan hak paten sejak November 2007, namun lembaga paten di Amerika Serikat baru mengabulkannya baru-baru ini.

Dalam paten tersebut dijelaskan mengenai proses perpindahan dari kartu grafis terinterasi (GPU) dengan kartu grafis tambahan (DGPU) yang bisa berpindah secara otomatis sesuai kebutuhan.

Misalnya saat pengguna hanya menggunakan komputer untuk mengolah aplikasi ringan, maka sistem akan secara otomatis menggunakan GPU on board. Sebaliknya, jika dibutuhkan daya besar, game misalnya, maka sistem akan berpindah ke kartu grafis tambahan. Hal ini diklaim akan sangat berguna sekali untuk komputer portable.


Sumber : inet.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar