close
angkajituhoki88.com

Kamis, 14 Juni 2012

'Stiker Ajaib' untuk NFC ( Near Field Communications)

Ukurannya memang kecil, namun benda ini punya fungsi yang jenius. Alat mungil semacam stiker buatan Samsung ini bisa membuat sebuah perangkat memiliki kemampuan ajaib.

TecTiles, demikian nama 'stiker ajaib' tersebut memungkinkan perangkat yang ditempelkannya bisa digunakan untuk kemampuan Near Field Communications (NFC) secara instan.

Stiker mungil ini bisa diprogram melakukan sejumlah fungsi hanya dengan menempelkannya pada sebuah benda. Untuk itu, diperlukan aplikasi Android untuk memprogram TecTiles. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play.

"Samsung melihat peluang untuk memperluas nilai penggunaan NFC di luar keperluan mobile payment," kata Dale Sohn, President Samsung Telecommunications America, dikutip dari Information Week, Kamis (14/6/2012).

Samsung bahkan dengan percaya diri mengklaim TecTiles punya potensi untuk mengubah bagaimana sebuah bisnis terlibat dengan para pelanggannya.

Toko yang menggunakan menggunakan TecTiles misalnya, bisa memprogram tag untuk mengirimkan SMS, mengakses halaman web, membuka aplikasi atau melakukan fungsi marketing lainnya.

TecTiles juga bisa dimanfaatkan untuk kenyamanan pribadi. Misalnya, TecTiles yang ada di meja sebelah tempat tidur seseorang bisa mengubah pengaturan telepon untuk mencegah panggilan masuk yang bisa mengganggu tidur. Tinggal menyentuhkan ponsel ke stiker tersebut. 

Namun kemampuan TecTiles masih terbatas. Stiker TecTiles tidak bisa bekerja pada permukaan benda logam dan untuk saat ini baru bisa bekerja untuk beberapa ponsel Android berkemampuan NFC.

Ponsel-ponsel tersebut antara lain Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy S II, Galaxy Nexus, Nexus S 4G dan Samsung Galaxy S Blaze 4G.

Samsung berencana menjual TecTiles secara bundling, online, maupun langsung di toko melalui operator yang mendistribusikan ponselnya di Amerika Serikat seharga USD 15.

Sumber : http://inet.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar