close
angkajituhoki88.com

Kamis, 02 Februari 2012

Buruh Pabrik iPhone Hirup Racun

Pekerja di Perakitan
Fakta buruk kembali terungkap di pabrik pembuataan produk-produk Apple. Setelah sebelumnya, mitra pabrikan perusahaan itu disorot karena masalah jam kerja yang tidak manusiawi, kini buruh di pabrik tersebut dipaksa mencium racun setiap harinya.

Adalah kelompok hak asasi manusia SomOfUs yang mendorong dengan membuat petisi online agar Apple membuat iPhone atau iPad generasi berikutnya dengan cara yang lebih aman. Pasalnya mereka menemukan, para pekerja membersihkan layar iPhone sebelum dikemas dengan menggunakan cairan bernama n-hekasana.

"Mereka menghabiskan waktu berjam-jam menghirup n-heksana, racun saraf yang ampuh digunakan untuk membersihkan kaca iPhone, karena mengering beberapa detik lebih cepat dari cairan alternatif yang aman. Efek cairan n-hekasana ini dapat membuat kerusakan saraf dan cedera stres yang berulang untuk pergelangan tangan dan tangan membuat dia tidak dapat melanjutkan pekerjaan," kata keterangan kelompok tersebut, seperti dilansir Arnnet, Kamis (2/2/2012).

Memang Apple tidak satu-satunya perusahaan untuk terlibat mitra manufaktur seperti Foxconn dan Pegatron, di mana banyak kejadian seperti ledakan, keracunan dan ancaman bunuh diri massal yang telah menyebabkan kondisi kerja memburuk.

"Ini akan menjadi tantangan bagi Tim Cook sebagai CEO Apple baru sepeninggal Steve Jobs, apakah Apple mampu meluncurkan iPhone generasi terbarunya dengan menggunakan cara yang etis?" tandas kelompok SomOfUs.

Apple telah membuat beberapa langkah dalam beberapa bulan terakhir untuk mengatasi keprihatinan atas kondisi kerja dalam rantai pasokan produk mereka dengan mengeluarkan sebuah laporan tahunan yang mencakup hak-hak buruh dan manusia, kesehatan dan keamanan pekerja, dampak lingkungan, dan etika.
( techno.okezone.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar