close
angkajituhoki88.com

Minggu, 18 September 2011

BlackBerry PlayBook Melempem

Jakarta - BlackBerry PlayBook sepertinya susah meraih kesuksesan di tengah para pesaingnya. Diketahui, angka penjualan per unitnya jauh tertinggal dengan komputer tablet keluaran Apple, iPad.

Menurut survey yang dilakukan oleh Bloomberg, pada kuarter terakhir lalu RIM hanya mengapalkan satu Playbook untuk setiap 19 unit iPad yang dikapalkan Apple.

Dikutip detikINET dari Bloomberg, Kamis (15/9/2011), RIM hanya menjual sebanyak 490.000 unit PlayBook di kuarter pertama, sedangkan iPad sudah terjual sekitar 9,25 juta unit dalam periode yang sama.

"Hal ini menunjukkan bawa prospek perusahaan RIM hanya akan bergantung pada generasi baru BlackBerry," ujar Charlie Wolf, analis dari Needham & Co di New York.

Jumlah unit PlayBook yang akan dipasarkan oleh RIM di tahun ini juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pemasaran iPad dan Galaxy Tab.

Dilaporkan, RIM hanya akan memasarkan 1,5 juta tablet, sedang Apple akan memasarkan 39,2 juta iPad dan Samsung akan mengapalkan 7 juta Galaxy Tab-nya.

PlayBook dikenalkan oleh RIM pada bulan April di Amerika dan Kanada dengan harga USD 500.

Ia memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan dengan iPad sehingga membuat mantan CEO Apple Steve Jobs menjuluki tablet tersebut dengan 'tweeners'. Ia terlalu besar untuk menjadi sebuah smartpone namun terlalu kecil untuk menjadi sebuah tablet.

Ukuran yang terbilang 'nanggung' ini kelihatannya menjadi salah satu faktor melempemnya PlayBook di pasaran.

Akan tetapi bukan hanya RIM saja yang terengah-engah mengejar ketertinggalan dengan iPad. Seperti diberitakan sebelumnya piranti TouchPad milik Hewlett-Packarad juga akhirnya distop produksinya karena tidak berhasil menggaet hati konsumen.

Berikut adalah beberapa fitur BlackBerry PlayBook yang telah diungkap oleh RIM dalam Developer Conference 2010 (DevCon10) di San Francisco, Selasa (28/9/2010) dinihari WIB.

Dari sisi softwarenya, PlayBook akan menggunakan sistem operasi BlackBerry Tablet OS berdasarkan arsitektur micro-kernel QNX Neutrino. Neutrino telah banyak digunakan pada perangkat kesehatan, otomotif hingga router internet.

Software PlayBook mendukung Flash 10.1, WebKit dan HTML 5, OpenGL (untuk grafis 3D seperti pada game), Adobe Mobile AIR, Adobe Reader, Java, POSIX dan BlackBerry WebWorks.

Media yang bisa diputar di PlayBook termasuk video hingga resolusi 1080p High Definition. Formatnya, mencakup H.264, MPEG, DivX dan WMV. Sedangkan audionya mencakup MP3, AAC dan WMA.

Spesifikasi BlackBerry PlayBook selangkapnya:
  • Layar sentuh capacitive LCD berukuran 7" WSVGA dengan resolusi 1024 x 600
  • Dukungan penuh pada multi touch dan gesture
  • Prosesor 1 GHz Dual CoreRAM 1 GB
  • Kamera High Definition 3 Megapixel (depan) dan 5 Megapixel (belakang)
  • Kamera bisa merekam video hingga resolusi 1080p HD
  • HDMI Output (microHDMI)
  • WiFi 802.11 a/b/g/n dan Bluetooth 2.1 + EDR
  • Konektor microUSB
  • Ukuran 130mm x 193mm x 10mm
  • Berat sekitar 400 gram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar